Jumat, 25 November 2011

Sunset di Bumi Kartini


Pantai Bandengan, pantai yang termasuk pantai utara pulau jawa ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi saya. Ini adalah perjalanan wisata saya saat lebaran beberapa bulan yang lalu waktu saya mudik ke kampung halaman. Hampir setiap lebaran pantai-pantai di Jepara menjadi tujuan wisata saya untuk refreshing atau sekedar hunting foto. Kebetulan kampung halaman saya tidak jauh dari jepara. Saya di Pati dan hanya butuh waktu satu sampai satu setengah jam untuk sampai di Jepara dengan menggunakan kendaraan roda dua. Rute dari kota saya ke Jepara cukup menyenangkan bagi saya karena rute Pati-jepara melewati hutan karet yang sangat luas dan sangat bagus untuk foto-foto apalagi saat musim gugur.

Saya berangkat ke pantai Bandengan siang hari, memang saya sengaja berangkat siang agar saya mendapatkan apa yang instimewa dari pantai Bandengan. Sekitar jam 12 siang saya sampai di pantai Bandengan, lalu saya membeli tiket masuk seharga Rp.8000. Cuaca waktu itu panas sekali, tapi walaupun cuaca panas saya bisa berteduh dibawah pohon-pohon besar yang ada dipinggir pantai. Jadi saya tetap measakan udara segar disekitar pantai. Pantai bandengan memang terlihat biasa baik air maupun pasirnya. Tapi ada satu hal yang membedakan pantai bandengan dengan pantai-pantai yang pernah saya kunjungi sebelumnya. Menurut saya pantai bandengan adalah pantai keluarga. Terlihat dari ramai dan banyaknya pengunjung yang mayoritas adalah segerombolan keluarga. Yah, dari segi tempat pantai memang cukup nyaman untuk wisata keluarga karena pantai bandengan memiliki tempat yang cukup luas untuk bersantai dan lahan parkir pun juga cukup luas. Ditambah banyaknya pohon-pohon rindang dipinggiran pantai yang bisa jadi tempat untuk duduk-duduk, makan, ngobrol tanpa harus panas-panasan. Cukup lama saya berdiam dipinggir pantai menikmati pantai dan udaranya serta sesekali tertawa melihat hal-hal lucu yang kadang muncul dari pengunjung pantai yang mandi dan bermain di pantai. Bagi anda yang memiliki budget lebih, anda juga bisa bersantai di resort-resort dan penginapan yang ada persis di pinggir pantai.
 

Pantai bandengan memang selalu ramai, disamping menjadi obyek wisata keluarga, pantai bandengan juga memiliki banyak permainan seperti balon air yang cukup menguji andrenaline pengunjung. Selain itu pengunjung pantai bandengan juga bisa berwisata laut dengan menggunakan perahu wisata, tujuan wisata laut adalah ke Pulau Panjang, yaitu sebuah pulau kecil dengan pantai berpasir putih. Tiket PP menuju pulau panjang bisa dibeli seharga 15.000 / orang. Yang istimewa dari pantai bandengan ini adalan sunsetnya, pantai bandengan memang salah satu pantai yang memiliki moment sunset yang bagus saat cuaca cerah. Rata-rata pengunjung pantai bandengan menikmati pantainya sampai petang karna banyak sekali orang yang menunggu moment sunset di dermaga perahu. Baik mereka yang sekedar duduk atau mereka yang sengaja ingin hunting foto sunset. 2 jam sebelum sunset terlihat saya sudah stay di dermaga, duduk sambil hunting foto. saya memang sengaja stay duluan di dermaga karena saya khawatir tidak kebagian tempat karena kapasitas dermaga yang tidak terlalu besar sedangkan pengunjung waktu itu banyak sekali. Alhasil waktu saya tidak berakhir sia-sia karna saya dapat moment sunset seperti yang saya harapkan. sunsetnya benar-benar bagus, dan jujur baru seali itu saya melihat matahari separuh terlihat separuh tenggelam. Saat matahari benar-benar akan tenggelam, banyak orang yang berteriak "aaaah aaaah aaaah...selesai deh!!" begitulah ekspresi spontanitas dari beberapa pengunjung karna sunset terasa cepet banget lewatnya. Setelah sunset benar-benar tenggelam saya pun bergegas pulang. sunset pantai bandengan menjadi ending dari wisata saya waktu itu. senang dan puaaaaass...!!!


Sekian dulu sharing saya mengenai pantai bandengan. semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang punya rencana untuk berwisata. seperti biasa saya akan berbagi tips buat anda yang tertarik atau punya rencana untuk mengunjungi pantai bandengan.

Saran dan Tips :
1. Pilih waktu siang hari untuk sampai disana, karena kalau anda ke pantai pagi hari lalu siang pulang, sangat sayang kalau anda melewatkan moment sunset dari pantai bandengan. Jika anda tertarik menunggu sunset anda pun tidak akan terlalu lama dan bosan.
2. Jika anda akan berkunjung ramai-ramai dan menggunakan mobil, bawalah bekal dari rumah. makanan, minuan, camilan dan tikar, karena itu akan menghemat pengeluaran anda di lokasi wisata.
3. jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment liburan anda, karna kenangan itu abadi.
Demikian saran dan tips dari saya, semoga bermanfaat buat anda. Cintai wisata dalam negeri dan tetap jaga kebersihan dimanapun anda berwisata. /de

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Caci Makimu...